Sabtu, 30 Mei 2009

plasenta previa

Placenta previa

Illustration of Placenta previa

Placenta Previa (PP) bukanlah sebuah penyakit plasenta, melainkan posisi plasenta yang menutupi jalannya kelahiran. terdiri dari tiga macam:
1. Complete Placenta Previa, seluruh plasenta menutup jalan kelahiran
2. Marginal Placenta Previa, sebagian plasenta menutup jalan kelahiran
3. Low-laying Placenta Previa, hanya bagian kecil plasenta menutup jalan kelahiran

PP biasa ditemukan pada awal kehamilan. Beberapa mendapatkan tanda dengan bleeding terus menerus atau kadang2, dan sebagian lagi, tanpa merasakan tanda2 apapun sampai saat melahirkan.

Pada ultrasound trimester ke-2, sekitar 18 weeks, PP ditemukan pada 5-20% kehamilan. Pada kondisi ini, wanita dengan PP harus berhati2 untuk menghindari bleeding dan mencatat adanya spotting, bleeding, dan cramping.
Pada awal trimester ke-3, sekitar minggu ke-28, ultrasound dilakukan lagi. Sekitar 90-75% plasenta tercatat berpindah dan tidak menutupi jalannya kelahiran. Apabila diketahui PP tetap ada, maka barulah wanita hamil tersebut dinyatakan memiliki PP.

Langkah yang harus dilakukan adalah: menghindari bleeding, biasanya dengan istirahat total di tempat tidur. Tujuan utama adalah mencapai minggu ke-36 ketika bayi sudah siap dikeluarkan.

Hampir keseluruhan wanita dengan PP menjalani kelahiran dengan c-section. 1 dari 4 wanita dengan PP tercatat bisa melahirkan dengan normal yaitu apabila plasenta tidak menyentuh jalan lahir, tidak bleeding, dan seluruh kondisi ibu dan bayi dalam keadaan normal.

Hampir 100% wanita hamil dengan PP sampai saat melahirkan, mendapat kehidupan normal kembali seperti biasa tanpa efek apa-apa sampai kehamilan2 berikutnya, demikian pula dengan bayi yang dilahirkan bersama PP, hidup normal selayaknya bayi2 lain.



1. Placenta Previa (Implanted in Lower Third of Uterus)
2. Baby
3. Uterine Wall

0 komentar:

Poskan Komentar